Rabu, 24 September 2008

ARTIKEL PTK OPTIK

PEMANFAATAN ALAT-ALAT LABORATORIUM SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP OPTIK PADA SISWA KELAS XD SMA 1 MOJOTENGAH WONOSOBO

Lilik Suraya*

Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas II SMA 1 Mojotengah (kurikulum 94) dalam memahami konsep optik geometri.Terbukti hanya 25% siswa yang mencapai batas tuntas. Masalah penelitian ini dipusatkan pada bagaimana memanfaatkan alat-alat laboratorium sederhana sehingga pemahaman siswa tentang optik meningkat.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemanfaatan alat laboratorium sederhana terhadap peningkatan pemahaman siswa dalam mengkomunikasikan konsep optik serta mengembangkan bakat dan daya kreasinya dalam merancang dan membuat suatu alat peraga. Data yang diperoleh dalam penelitian tindakan kelas ini diolah secara diskriptif kuantitatif dan diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan konsep optik pada diri siswa, terbukti pada tes awal siswa yang telah mencapai batas minimum ketuntasan belajar hanya 15 %, tetapi setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 60% pada silkus I dan menjadi 85% pada siklus II. Siswa lebih kreatif dalam merancang alat praktikum dan dari dokumentasi terlihat siswa yang begitu gembira mencoba alat yang dibuat sendiri.

Kata kunci: alat-alat laboratorium sederhana, konsep optik,pemantulan pada cermin.

2 komentar:

ArifinNopi mengatakan...

wah bu,
tambah cantik aja yow!

Endang Hambali mengatakan...

Subhanalloh..sekiranya setiap guru mengerti bahwa website itu sanggup menghantarkan kita menjadi insan mulia di hadapan Sang Pencipta...dan para guru kemudian menuliskan goresan goresan sederhanya melalui webnya atau blognya maka jutaan ummat manusia akan mendapatkan manfaat yang mungkin tidak kita sadari bahwa tulisan kita sangat bermanfaat bagi mereka. Alloh akan buka rekening amal shaleh yang akan terus...terus dan terus terisi oleh kebaikan yang kita tuliskan melalui website atau blog yang kita miliki. Selamat ya Bu Lilik atas kepedulian Ibu pada arus informasi yang kini jadi nafas kehidupan umat manusia.